Customer Service : 0859-4744-0693

Apakah Anda yakin akan keluar?
FAQ

FAQ


Pertanyaan yang sering ditanyakan

FAQ +

Untuk UKM Penerima Pembiayaan


Kapital Boost menawarkan pembiayaan Pembelian Barang berdasarkan struktur Murabahah (biaya ditambah keuntungan). Pembiayaan Pembelian Barang membantu UKM Penerima Pembiayaan dalam mengumpulkan pembiayaan untuk pembelian barang dan modal. Pembiayaan ini merupakan pembiayaan jangka pendek, dengan jangka waktu maksimal 12 bulan.

Untuk ilustrasi struktur Pembelian barang, lihat infografis kami di halaman Cara Kerja .

Untuk mendapatkan pembiayaan melalui Kapital Boost, suatu usaha harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Berasal dari Indonesia
  • Telah beroperasi selama lebih dari 1 tahun
  • Penjualan tahunan lebih dari IDR 1 Miliar
  • Arus kas yang positif dalam 12 bulan terakhir

Jika Anda belum memenuhi persyaratan ini, silakan menghubungi kami lewat email di support@kapitalboost.co.id atau berbicara dengan kami di +62 812 8787 4136.

Sebuah UKM bisa mendapatkan hingga IDR 2 Miliar untuk Pembiayaan Pembelian Barang.

Anda dapat meningkatkan pembiayaan dengan menggunakan beberapa faktur pada satu waktu.

Ajukan kebutuhan pembiayaan anda melalui form ini dan staff Kapital Boost akan menindak lanjuti permohonan anda sampai dengan kebutuhan dokumen yang diperlukan oleh kami sudah lengkap.

Jika Anda belum memenuhi persyaratan ini, silakan menghubungi kami lewat email di support@kapitalboost.co.id atau berbicara dengan kami di +62 812 8787 4136.

Setelah permohonan anda (dengan dokumen lengkap) diajukan, kami akan menghubungi Anda dalam waktu 5 hari kerja. Jika semuanya sudah kami periksa dan lengkap, kampanye pembiayaan anda diluncurkan dan pembiayaan bisa didapatkan dalam waktu 1 sampai 30 hari.

Ya. Kami akan meminta anda sebagai Penerima Pembiayaan untuk memberikan giro mundur dan jaminan pribadi dari Direksi dan / atau Pemegang Saham atas pembiayaan melalui Kapital Boost.

UKM Penerima Pembiayaan tetap diwajibkan untuk membayar pembiayaan yang dipinjam kepada Pemberi Pembiayaan, terlepas dari pembayaran dari pelanggan/pemberi kerja kepada Anda.

Dibanding sebagian besar penyedia pembiayaan non-bank lain, kami menawarkan biaya pembiayaan yang lebih rendah. Dibanding bank, kami menawarkan tingkat persetujuan yang lebih tinggi, keperluan administratif yang lebih sedikit, dan ketentuan pembiayaan yang tidak terlalu memberatkan. Selain itu, pembiayaan Kapital Boost telah sesuai dengan prinsip syariah yang lebih etis. Pemakaian struktur laba pembelian aset/biaya-plus memungkinkan peningkatan pembagian risiko dan hasil antara Penerima Pembiayaan dan Pemberi Pembiayaan, jika dibandingkan dengan sistem pembiayaan biasa.

Suatu kampanye pembiayaan yang sukses akan dikenakan biaya administratif sebesar 5% dari total nilai pembiayaan kepada Penerima Pembiayaan . Apabila anda sebagai UKM Penerima Pembiayaan membatalkan pengajuan kampanye disaat proses analisa sudah berjalan, maka anda akan kami kenakan denda sebesar IDR 1,000,000.- untuk menutupi biaya administratif kami.

Margin laba atas penjualan barang akan ditentukan oleh Kapital Boost dengan persetujuan dari pemilik usaha Penerima Pembiayaan dan akan bergantung kepada periode pelunasan dan profil risiko usaha tersebut.

Tidak. Kapital Boost mendorong UKM melakukan pelunasan (pembelian barang) dengan lebih cepat.

Untuk Pemberi Pembiayaan


Semua orang yang telah memiliki KTP dan rekening bank dapat mendanai UKM di Kapital Boost.

Tidak, Kapital Boost tidak mengenakan biaya apapun untuk mendanai UKM melalui Kapital Boost.

Di Kapital Boost, peluang pembiayaan yang kami tawarkan berdasarkan nilai-nilai moral dan etis yang sesuai syariah. Misalnya, kami tidak mendukung kegiatan-kegiatan seputar perjudian, senjata, atau yang menyebabkan kerusakan lingkungan.

Selain itu, persyaratan pembiayaan kami memastikan bahwa dananya digunakan untuk tujuan produktif dan bukan konsumtif. Suatu keperluan yang produktif akan menghadirkan dampak yang jauh lebih positif dalam hal produksi dan pertumbuhan ekonomi riil untuk masyarakat.

Peringkat risiko dari A sampai C mencerminkan profil risiko indikatif UKM berdasarkan analisa sistem penilaian kredit kami. Peringkat tidak menunjukkan kemungkinan kehilangan atau gagal bayar pembiayaan. Semua pembiayaan memiliki tingkat risiko masing - masing, termasuk risiko kerugian pokok.

Kami menyarankan pedana untuk mendiskusikan pendanaan Kapital Boost dengan penasihat keuangan. Kami juga sangat menyarankan pendana untuk melakukan diversifikasi ke berbagai kampanye pembiayaan yang berbeda untuk menurunkan potensi kerugian.

Semua pembiayaan, termasuk pembiayaan pada UKM, melibatkan risiko substansial. Pembiayaan semacam itu mungkin tidak sesuai untuk semua orang dan dapat mengakibatkan kemungkinan hilangnya jumlah pokok yang diberikan.

Kami menekankan pentingnya diversifikasi dengan menyebarkan pembiayaan Anda ke berbagai kampanye pembiayaan yang berbeda untuk mengurangi risiko kerugian. Hal ini akan membantu melindungi kehilangan seluruh dana Anda jika salah satu UKM yang terlambat melakukan pembayaran atau mengalami kegagalan bayar.

Terlepas dari proses analisa kami, kami memerlukan setidaknya satu dari mitigasi risiko pembiayaan berikut dari UKM.

  • Jaminan pribadi oleh satu atau lebih direksi
  • Rekening bank gabungan antara UKM dan Kapital Boost untuk mengendalikan penggunaan dana dan memprioritaskan apabila ada pembayaran dari pelanggan /pemberi kerja UKM untuk pembayaran kembali kepada pemberi pembiayaan.
  • Penyediaan Bilyet Giro Mundur oleh UKM kepada Kapital Boost
  • Transfer pembiayaan langsung dari pemberi pembiayaan diwakili Kapital Boost kepada pemasok barang (untuk pembiayaan Pembelian Barang) ; pembiayaan tidak ditransfer ke Penerima Pembiayaan

UKM harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Berasal dari Indonesia
  • Telah beroperasi selama lebih dari 1 tahun
  • Penjualan tahunan lebih dari IDR 1 Miliar
  • Arus kas yang positif dalam 12 bulan terakhir


Selain itu, kami memiliki sistem penilaian risiko kredit berdasarkan profil bisnis perusahaan, kondisi keuangan, dan tata kelola perusahaan. Pada skala penilaian risiko 1 (terendah) sampai 10 (tertinggi), kami hanya mengizinkan perusahaan dengan skala risiko di bawah 4 untuk melakukan kampanye pembiayaan melalui Kapital Boost.

Tiga bidang utama yang kami fokuskan adalah profil bisnis perusahaan, kondisi keuangan, dan tata kelola perusahaan.
  1. Risiko bisnis:
    • Profil industri (misalnya lingkungan kompetitif industri, profitabilitas, siklus hidup / potensi pertumbuhan, kepekaan ekonomi, dan risiko peraturan)
    • Profil perusahaan (misalnya ukuran "dalam hal penjualan tahunan, keuntungan historis, rekam jejak operasi, diferensiasi)
    • Manajemen (misalnya pengalaman, profil risiko, mitigasi risiko)
  2. Risiko keuangan:
    • Arus kas
    • Arus kas operasional
    • Struktur permodalan
    • Likuiditas
  3. Risiko tata kelola perusahaan:
    • Struktur permodalan
    • Strategi perusahaan
    • Rencana bisnis perusahaan
    • Laporan keuangan (di audit atau tidak di audit)

Tidak. Kami menganjurkan para pendana untuk juga melakukan analisa sendiri berdasarkan informasi yang telah kami sediakan. Kapital Boost hanyalah platform yang menghubungkan para pendana dengan UKM terseleksi, potensi kerugian jika terjadi keterlambatan dan gagal bayar ditanggung oleh pendana.

Semua kontrak / perjanjian akan dikirim melalui aplikasi penandatanganan digital PrivyID ke alamat email yang terdaftar dalam Kapital Boost. Penandatanganan dilakukan secara digital.

Jika terjadi keterlambatan atau kegagalan pembayaran, Kapital Boost akan segera melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Menghubungi UKM untuk mengetahui alasan pembayaran yang tertunda. Kami akan berusaha menemukan solusi yang akan memuaskan pendana dan UKM.
  2. Jika setelah ada kesepakatan dari UKM mengenai pembayaran kembali namun masih ada keterlambatan bayar, Kapital Boost mewakili pendana akan mengirimkan surat permintaan legal kepada UKM untuk meminta melakukan pembayaran segera.
  3. Jika masih terjadi keterlambatan pembayaran, pendana dimungkinkan melakukan tindakan hukum terhadap UKM. Kapital Boost tidak akan terlibat dalam masalah hukum antara pendana dan UKM. Namun, Kapital Boost bisa bertindak sebagai perantara antara kedua belah pihak.


Anda belum memverifikasi akun anda. Untuk melakukannya, silakan klik tautan pada email Aktivasi Akun (mungkin ada di folder Spam Anda) yang dikirimkan kepada Anda tak lama setelah Anda membuat akun dengan kami.
Jika Anda ingin kami mengirim kembali email Aktivasi Akun, silakan isi alamat email Anda di bawah ini dan klik kirim

Pilih Jenis Akun


Pendaftaran Akun
Pemberi Pembiayaan
Penerima Pembiayaan

Username sudah diambil. Silahkan coba yang lain.

Kamu sudah memiliki akun di Kapital Boost.
Silahkan klik tombol di bawah untuk mereset password.



Terima kasih atas pendaftaran anda!
Akun anda telah berhasil teraktivasi. Untuk memulai pengajuan pembiayaan usaha, mohon klik tautan dibawah ini
Ajukan Sekarang