Tips Mengatur Keuangan Saat THR

Reading Time: 2 minutes

Ketika hari raya hampir tiba, maka yang paling ditunggu – tunggu adalah Tunjangan Hari Raya (THR). Namun, tak jarang uang THR yang biasanya setara gaji satu bulan ini langsung ludes karena salah pengelolaan.

Bagaimana tips mengatur keuangan yang baik setelah mendapatkan THR agar tidak langsung ludes?

Simak tips berikut ini.

Beberapa cara yang bisa Anda terapkan supaya THR Anda tidak cepat habis.

1. Simpan Dalam Tabungan

Nah, cara ini cukup ampuh untuk menahan uang THR anda agar bisa tetap dalam kontrol. Anda bisa menyisihkan minimal 30% hingga 50% dan memasukkannya ke dalam rekening tabungan yang anda miliki.

Sebelumnya anda wajib membedakan rekening tabungan serta rekening yang dipakai sehari – hari agar tidak tergoda untuk menggunakannya.

2. Prioritaskan Kebutuhan

Tips yang satu ini cukup wajib untuk anda pahami karena dalam semua hal pengaturan skala prioritas ini harus dilakukan.

Jika dalam tips mengatur keuangan setelah mendapatkan THR, anda bisa memilih apakah harus digunakan untuk membeli tiket terlebih dahulu untuk pulang kampung, menyiapkan THR yang dapat anda berikan ke sanak keluarga atau membeli baju baru? Semua itu tergantung pada skala prioritas yang anda miliki.

Tetap bijak dalam menggunakan uang adalah kunci perencanaan finansial yang baik.

3. Simpan Sebagian Dana Untuk Investasi

Siapa yang setuju bahwa investasi merupakan hal wajib yang harus anda pikirkan agar di masa tua kehidupan tetap terjamin. Jika anda merasa tidak begitu penting untuk membeli baju baru maka uang yang anda gunakan untuk membeli baju bisa anda pakai untuk berinvestasi baik itu saham ataupun reksadana. Semua tergantung perencanaan yang anda miliki

4. Jangan Lupa Berbagi

Hal yang mungkin saja dilupakan bagi kita adalah berbagi, berbagi tidak harus dalam hitungan nominal yang besar. Berbagi intinya adalah memberikan sebagian milik anda untuk orang yang lebih membutuhkan.

Jadi agar uang THR yang anda dapatkan semakin bermanfaat maka tetap berbagi kepada yang membutuhkan adalah kunci. Tetap bijak dan cerdas merupakan kunci sukses tips mengatur keuangan setelah mendapatkan uang THR. Semoga berhasil. Semangat ya!