Perbedaan Investasi Syariah dan Investasi Konvensional

Reading Time: 2 minutes

Masyarakat saat ini sudah mulai melakukan sebuah investasi baik investasi syariah ataupun investasi konvensional. Sebenarnya beberapa orang melakukan sebuah investasi untuk mendapatkan sebuah keuntungan.

Akan tetapi setiap investasi selalu memiliki sebuah risiko, baik risiko kecil maupun risiko besarnya. Walaupun demikian masih banyak masyarakat yang melakukan sebuah investasi tersebut.

Artikel ini akan membahas terkait dengan investasi syariah dan juga perbedaan antara investasi syariah ataupun investasi konvensional.

Investasi syariah

Investasi syariah merupakan salah satu investasi yang kerap dilakukan oleh masyarakat, investasi jenis ini biasanya akan selalu memberikan keuntungan kepada pihak penanam modal dengan prinsip-prinsip dan juga hukum Islam.

Baca juga: Jenis-Jenis Akad Yang Ada di Peer to Peer Syariah

Perbedaan investasi syariah dan investasi konvensional

Setalah anda mengetahui tentang pengertian akan investasi syariah maka hal selanjutnya yang akan dibahas adalah terkait dengan perbedaan investasi syariah dan investasi konvensional. Berikut ini adalah beberapa perbedaan dari kedua investasi tersebut.

  • Tujuan

Tujuan dari investasi syariah adalah tentang keuntungan dan juga bertanggung jawab secara sosial, sedangkan untuk investasi konvensional memiliki sebuah tujuan berupa pencarian keuntungan setinggi-tingginya.

  • Pengelolaan

Pengelolaan dalam investasi syariah memiliki beberapa tahap seperti tahap screening tentunya setiap tahap yang dilakukan dalam investasi syariah selalu sesuai dengan syariat Islam.

Lalu untuk investasi konvensional tidak terlalu memikirkan sebuah tahap screening dan juga terkait dengan syariat Islam.

  • Imbal Hasil

Untuk imbal hasil dalam investasi syariah melalui tahap pemilahan antara hasil haram atau hasil halal akan tetapi untuk hasil dari investasi konvensional tidak melalui tahap tersebut.

  • Pengawasan

Pengawasan dalam investasi syariah adalah melalui DPS atau dewan pengawasan syariah sedangkan untuk investasi konvensional hanya diawasi dari pihak OJK.

Baca juga: Hal Tidak Boleh Dilakukan Oleh Fintech Syariah

  • Akad

Dalam investasi syariah mengenal adanya sebuah akad. Akad tersebut adalah seperti akad kerja sama, akad sewa, maupun akad hasil. Sedangkan untuk investasi konvensional tidak adanya sebuah akad.

  • Transaksi

Untuk sistem transaksi dalam investasi syariah dilihat dari syariat Islam dan juga kesepakatan bersama. Sedangkan untuk transaksi dari investasi konvensional selalu dilihat dari perkembangan tingkat suku bunga.

Nah! Dengan membaca isi dari bacaan di atas maka anda akan mengerti terkait dengan pengertian dari investasi syariah dan juga terkait perbedaan antara investasi syariah dan juga investasi konvensional.

Artikel lain:

Leave a Reply