Keuntungan Dari Investasi Syariah

Reading Time: 2 minutes

Salah satu hal yang sedang diminati oleh masyarakat dalam  mendapatkan sebuah keuntungan adalah seperti dengan melakukan investasi. Investasi syariah merupakan salah satu investasi yang sering dilakukan oleh masyarakat saat ini.

Karena memang investasi ini adalah sebuah investasi yang memegang prinsip dari syariat Islam.

Keuntungan menggunakan investasi syariah

Memang benar menggunakan investasi seperti investasi syariah ini mendapatkan banyak sekali keuntungan. Berikut ini merupakan beberapa keuntungan yang dimiliki oleh investasi syariah.

Baca juga: Perbedaan Investasi Syariah dan Investasi Konvensional

  • Sudah seusia dengan syariat Islam

Keuntungan yang pertama dengan menggunakan sebuah investasi syariah adalah investasi ini sudah menggunakan syariat-syariat Islam. Tentu saja investasi ini memperhatikan kehalalan dari setiap prosesnya.

Mulai dari proses pengerjaan dan juga penggunaan sudah dilakukan dengan cara yang halal.

  • Bebas dari riba

Dengan menggunakan investasi ini maka anda sudah tentu terbebas dari riba sesuai dengan ketentuan yang berlaku disyariat Islam.

Baca juga: Jenis-Jenis Akad Yang Ada di Peer to Peer Syariah

  • Lebih aman

Keuntungan yang selanjutnya adalah terkait dengan keamanan yang dimiliki oleh jenis investasi ini bisa dikatakan lebih aman.

Adapun beberapa proses yang dilalui dalam investasi jenis syariah ini untuk mendapatkan suatu keamanan. Proses tersebut adalah seperti proses gharar dan juga proses maysir.

  • Adanya peraturan perundang-undangan

Keuntungan yang dimiliki oleh investasi ini adalah adanya sebuah peraturan perudang-undangan yang jelas.

Baca juga: Keraguan Akan Tidak Adanya Badan Hukum

  • Adanya manfaat sosial

Dengan menggunakan investasi jenis ini maka anda tentunya juga sudah membantu para pengusaha dan juga dapat mengurangi sebuah pengangguran di negara ini.

Kelemahan dari investasi syariah

Selain memiliki keuntungan tentu saja investasi syariah juga memiliki sebuah kelemahan. Kelemahan dari investasi jenis ini adalah seperti risiko kerugian akan kehilangan modal, kendala sulitnya menjual produk investasi, menurunnya nilai rill suatu modal investasi, return yang tidak terlalu pasti.

Nah, dengan membaca artikel ini maka anda sudah mengetahui terkait dengan keuntungan menggunakan investasi syariah dan juga kelemahan dari investasi tersebut. Tentunya hal ini bisa memberikan pengetahuan tambahan yang anda miliki.

Leave a Reply