Freshgraduate? Inilah 2 Tips Mengatur Keuangan

Reading Time: 2 minutes

Fresh Graduate merupakan sebutan bagi seseorang yang baru saja lulus dari bangku perkuliahan dan mulai menghadapi bagaimana hidup yang sebenarnya. Fresh graduate juga memberikan pengalaman yang tak terlupakan tentang mengatur keuangan.

Jika kamu fresh graduate dan masih kebingungan dalam mengatur keuangan jangan khawatir karena kami sudah merangkum 2 tips mengatur keuangan untuk para lulusan baru (fresh graduate).

Kenali Ilmu Keuangan Dasar

Nah, ini cukup penting untuk disimak, meskipun dulunya kamu tidak belajar keuangan tetapi untuk seterusnya kamu minimal tahu bekal yang harus kamu butuhkan tentang ilmu keuangan dasar.

Memiliki bekal keuangan dasar sangat penting bagi kamu untuk tahu kemanakah arah keuanganmu. Kamu harus tahu bagaimana memperlakukan uang yang kamu miliki dan kamu juga harus tahu bagaimana mengelola uang yang masuk baik itu dari gaji ataupun bonus sebagai lulusan baru.

Tips mengatur keuangan yang pertama ini memang harus kamu ketahui sebagai fondasi untuk memahami keuangan yang lebih baik.

Catat Anggaran Yang Kamu Miliki

Biasakan setelah kamu menerima gaji kamu harus selalu mencatat anggaran yang kamu miliki baik itu dana masuk, dana keluar serta keterangan lainnya.

Kenapa kamu memerlukan ini? Anggaran keuangan bertujuan agar pengeluaranmu tidak melebihi pendapatan alias keuangan kamu tetap terkontrol.

Lalu bagaimana caranya? Cukup mudah kamu cukup ikuti beberapa langkah berikut:

1. Buat daftar biaya yang wajib untuk kamu keluarkan misalkan biaya kost, biaya transportasi dan biaya konsumsi. Biaya wajib merupakan biaya yang harus kamu keluarkan setiap bulannya.

2. Mulai hitung sisa dari keuangan yang kamu miliki yang berasal dari gaji dan kurangilah dengan biaya wajib yang sudah kamu sebutkan dalam poin pertama.

3. Kamu mulai bisa untuk mengatur biaya sekunder yang kamu butuhkan misalnya belanja pakaian

4. Tetap hemat, kurangi nongkrong di café atau membeli kopi dengan harga Rp 50.000 dan masukkan uang itu ke dalam uang tabunganmu.

Nah, sekian Tips mengatur keuangan untuk kamu yang baru merasakan menerima gaji.