Berikut Prinsip Keuangan Syariah Dalam Islam Yang Wajib Diketahui

Reading Time: 2 minutes

Pada zaman Rasulullah saw sebenarnya manajemen keuangan syariah sudah ada, bahkan pertama kali dikenalkan untuk umatnya. Jadi tidak heran jika sekarang ini banyak sekali tempat yang bisa membantu anda untuk mengatasi masalah mengenai keuangan.

Namun, anda juga harus tetap hati-hati karena tidak semua tempat bisa dipercaya, jadi pastikan anda benar-benar tahu apa saja prinsip-prinsip yang ditetapkan.

Pengertian Manajemen Keuangan Syariah

Bagi anda yang ingin melakukan investasi anda harus  paham hal-hal yang terkait dengan manajemen. Pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya untuk anda. Manajemen syariah adalah sebuah tahapan yang dilakukan untuk mengelola uang berdasarkan ketentuan dan aturan yang sudah ditetapkan dalam Islam.

Jadi dapat disimpulkan jika manajemen syariah adalah proses yang di dalamnya terdapat perencanaan, pengorganisasian, pengondisian dan yang terakhir adalah mengontrol sumber keuangan. Hal tersebut ditujukan untuk mencapai tujuan yang diharapkan dengan mempraktikkan prinsip-prinsip syariah Islam.

Manajemen keuangan syariah adalah sebuah kegiatan yang tujuannya untuk mengelola keuangan untuk melaksanakan prinsip hukum Islam. Jadi tujuannya juga sangat jelas dan tertata, anda hanya tinggal mengikuti saja tanpa harus pusing-pusing untuk memikirkan cara mengelola keuangan dengan baik dan benar.

Prinsip Manajemen Keuangan Syariah

1. Sumber Dana

Langkah pertama yang harus dilakukan anda harus mendapatkan dana, setelah itu barulah anda bisa mempertimbangkan untuk melaksanakan  cara-cara syariah, contohnya saja mudharabah, musyarakah, murabahah, salam istishna dan ijarah.

2. Prinsip Investasi

Ketika anda ingin melakukan investasi, anda harus memastikan jika investasi tersebut harus mengandung fungsi uang sebagai alat tukar dan bukan sebagai alat komoditas yang sering terjadi saat perdagangan.

Untuk menerapkannya, anda hanya perlu mendatangi langsung bank syariah maupun lembaga keuangan yang sudah anda percaya.

3. Penggunaan Dana

Manajemen syariah mengharuskan anda untuk menggunakan dana yang diizinkan berdasarkan syariah, contohnya infak maupun sedekah. Jadi anda juga tidak disarankan untuk menggunakan dana tersebut untuk membeli kebutuhan yang sifatnya konsumtif atau hal-hal yang berbau kemewahan.

Demikianlah ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai prinsip manajemen keuangan syariah, semoga dengan informasi tersebut dapat menambah wawasan anda.