Apa itu peer to peer lending?

Reading Time: 2 minutes

Peer to peer lending adalah tempat yang memberikan jaminan pinjaman secara online. Tempat ini digunakan sebagai jembatan untuk kedua belah pihak yang ingin meminjam dana dan memberikan dana pinjaman.

Ini dilakukan oleh beberapa pihak yang sedang berusaha untuk membutuhkan tambahan modal untuk usahanya sedangkan yang memberi pinjaman dianggap melakukan investasi sehingga hasil usaha akan dibagi sesuai yang disepakati. 

Sejarah Peer to peer syariah di Indonesia

Peer to peer syariah pertama kali ada di Indonesia sebenarnya sejak dulu. Peer to peer lending awal mulanya lahir dari perusahaan Zopa yang ada di Inggris tahun 2015 bulan februari. Kemudian, perusahaan ini juga berkembang di Amerika dan akhrinya berkembang di China, Inggris dan Indonesia.

Pada tahun 2015 perusahaan fintech di OJK terdapat 113 platform yang memiliki izin sedangkan ada 5 platform bentuk syariah. Peer to peer syariah juga memiliki dasar hukum.

Untuk peraturan jasa keuangan diatur dalam nomor 77/POJK.01.2016 yang berkaitan dengan layanan pinjam meminjam uang dengan menggunakan teknologi informasi.

Kemudian menurut fatwa dari dewan syariah nasional MUI no. 67/DSN-MUI/III/2008 terdapat piutang bentuk syariah dan terakhir juga dasar hukum yang mengatur fintech yang diatur dalam peraturan otoritas jasa keuangan (OJK) nomor 13/POJK.02/2018 berkaitan dengan inovasi keuangan di digital.

Ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh ketika anda memutuskan untuk bergabung di peer to peer syariah. Ini menerapkan aturan syariah yang konsisten dalam melakukan sistem investasi.

Baca juga: Cara Mengelola Keuangan Syariah Dengan Investasi Yang Menguntungkan, Baik dan Benar

Anda juga akan mendapatkan keuntungan hasil yang tidak dipotong oleh biaya apapun. Kemudahan lainnya dari segi sistem yang dilakukan secara online. Orang yang menyediakan investasi juga memiliki pekerja yang akan meminimalisis tingkat risiko yang terjadi ketika membangun usaha.

Terakhir keuntungan kenapa harus peer to peer syariah karena proses yang dilakukan mudah mulai dari pendanaan dan prosedur lainnya.

Nah, Jika anda ingin memulai menggunakan peer to peer lending, ini akan sangat membantu anda dengan prinsip syariahnya yang sangat ketat dan menerapkan konsep akad seperti akad Al-Qardh, Akad wakalah bil ujrah dan lainnya.

Baca juga: Berikut Prinsip Keuangan Syariah Dalam Islam Yang Wajib Diketahui

Leave a Reply