4 Tips Mengatur Keuangan Saat Inflasi Tengah

Reading Time: 2 minutes

Saat keadaan ekonomi sedang mengalami inflasi, dibutuhkan tips mengatur keuangan agar bisa bertahan di situasi sulit. Inflasi bisa terjadi kapan saja dan diikuti dengan efek yang luar biasa di kehidupan sehari-hari.

Namun, Anda tak perlu terlalu khawatir jika sudah memiliki persiapan yang matang. Berikut tips mengatur keuangan saat inflasi terjadi.

1. Buatlah Daftar Pemasukan Dan Target Pengeluaran Rutin Setiap Harinya

Buatlah financial planning atau rencana keuangan yang matang di awal bulan saat Anda gajian. Lalu buatlah estimasi pengeluaran setiap per hari atau per minggu.

Hal ini untuk mengetahui batas limit pengeluaran dan agar di akhir bulan keuangan Anda tidak nol atau bahkan minus. Daftar budget ini juga berfungsi mengeleminasi pengeluaran yang tidak penting.

Jangan lupa untuk selalu menyisihkan tabungan untuk berjaga-jaga ketika situasi sedang benar-benar terhimpit dan butuh uang ekstra.

Baca juga: Freshgraduate? Inilah 2 Tips Mengatur Keuangan

2. Agar Tak Lapar Mata, Buatlah Daftar Belanjaan

Pernahkah ketika Anda membeli barang kebutuhan ke pasar atau swalayan, lalu Anda membeli barang yang sebenarnya tak butuh? Hanya karena Anda menyukai barang tersebut, bukan berarti Anda bisa membelinya.

Apalagi jika barang itu sedang ada promo. Keinginan untuk membeli produk itu pasti tak tertahankan karena terlihat murah. Inilah yang dinamakan lapar mata saat belanja.

Tips mengatur keuangan untuk menanggulanginya adalah menulis daftar belanjaan sebelum ke swalayan. Buatlah daftar barang yang memang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Terkadang, memang mood atau situasi di swalayan membuat Anda menjadi kalap dalam membeli barang. Secara tak sadar, Anda akan terperangkap pada kebiasaan boros karena tidak bijak dalam menentukan mana yang kebutuhan atau hanya keinginan semu saja.

3. Berburu Promo Dan Buatlah Daftar Perbandingan Harga Di Setiap Toko

Barang-barang diskonan memang sedari dulu menarik perhatian. Ditambah ketika Anda memang suka berjalan-jalan. Hal ini bisa Anda terapkan pada rencana keuangan Anda.

Buatlah perbandingan harga dari satu toko ke toko lainnya. Lalu pilih toko dan merk dari produk mana yang harganya lebih ramah di kantong. Janganlah malas apalagi gengsi dalam berburu harga murah.

Hal ini wajar dilakukan oleh siapapun.

4. Alihkan Cicilan Menuju Ke Kredit Syariah

Anda sedang menjalani cicilan di bank konvensional? Segera beralihlah ke bank Syariah. Bank Syariah memiliki sistem kepastian nominal cicilan setiap bulannya. Walaupun bunga kredit yang ditawarkan juga cukup tinggi.

Pada bank konvensional, besaran cicilan setiap bulannya bisa berubah-ubah sesuai dengan inflasi saat itu.

Baca juga: Berikut Prinsip Keuangan Syariah Dalam Islam Yang Wajib Diketahui

Nah, maka dari itu, mengalihkan cicilan ke Bank Syariah bisa menjadi salah satu tips mengatur keuangan dalam situasi inflasi ini.

Leave a Reply