3 Tips Mengatur Keuangan Dengan Bijak Saat Bulan Ramadhan

Reading Time: 2 minutes

Pengeluaran saat bulan Ramadhan haruslah dikelola secara bijak dengan menerapkan tips mengatur keuangan yang tepat. Tak hanya hati, lisan dan ibadah saja yang harus dijaga.

Mengatur finansial keluarga juga harus digalakkan agar tak terjadi besar pasak daripada tiang. Terdapat 3 hal umum yang bisa Anda lakukan dalam mengatur keuangan rumah tangga.

Hindari Membeli Barang Kebutuhan Pokok Mendekati Bulan Puasa Dan Lebaran

Sudah bukan rahasia umum kalau mendekati bulan puasa, harga kebutuhan pokok akan melambung tinggi. Bahan-bahan pokok seperti tepung, telur, beras, minyak goreng, ayam dan daging sapi seringnya mengalami kenaikan signifikan.

Tidak hanya itu, buah-buahan wajib bulan Ramadhan seperti pisang, kurma, nanas, kelapa dan sebagainya juga akan bertambah mahal.

Agar tak terlalu berat mengeluarkan uang, lebih baik cicillah dalam membeli kebutuhan pokok. Sekitar 1 bulan sebelum puasa, hendaknya Anda membeli bahan-bahan yang bisa disimpan dalam jangka waktu lama. Contohnya gula, tepung, minyak goreng dan beras. Simpan barang-barang tersebut di tempat yang kering.

Selain itu, tips mengatur keuangan selanjutnya adalah mencicil membeli daging sapi dan ayam sebelum bulan Ramadhan tiba. Agar awet, simpan daging-dagingan tersebut di dalam freezer. Jika Anda melakukan penyimpanan dengan benar, daging-daging tersebut bisa bertahan kurang lebih 2 bulan di freezer.

Namun, untuk bahan-bahan yang tidak bisa bertahan lama seperti telur, sayuran dan buah memang tak ada pilihan selain membeli dalam keadaan fresh.

Saat Bulan Puasa, Hindari Berbuka Puasa Di Luar Terlalu Sering

Rasanya ada yang kurang jika selama bulan Ramadhan tidak ada acara bukber atau buka puasa bersama. Buka puasa bebarengan teman kerja atau kolega sah-sah saja. Namun bukan berarti sepanjang pulang kerja saat puasa, Anda terus-terusan berbuka di luar.

Akan lebih hemat bila Anda berbuka di rumah bersama keluarga. Selain itu, berbuka puasa dengan keluarga juga akan meningkatkan komunikasi di rumah tetap terjaga.

Saat Uang THR Cair, Segera Buat Pos Pengeluaran Untuk Kebutuhan Lebaran

Uang THR sudah cair, tapi bukan berarti Anda menghambur-hamburkannya. Segera sisihkan pendapatan Anda ke dalam pos-pos kebutuhan lebaran. Di antaranya, pengeluaran untuk zakat Idul Fitri, budget untuk mudik dan liburan keluarga serta budget untuk tabungan.

Jangan menghabiskan seluruh THR Anda untuk kalap membeli barang-barang yang tak dibutuhkan hanya karena sedang diskon besar-besaran.

Bisa membedakan manakah kebutuhan dan kesenangan pribadi adalah kunci sukses tips mengatur keuangan.