10 Aplikasi Pengatur Keuangan untuk Android dan iPhone

Reading Time: 3 minutes

Pebisnis Amerika, Dave Ramsey pernah mengatakan, “Anda harus mampu mengontrol uang, kalau tidak uang yang akan mengontrol Anda selamanya“. Kutipan itu memperlihatkan betapa pentingnya kemampuan seseorang dalam mengatur keuangan.

Di era sekarang ini, mengatur keuangan bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah. Anda bisa memanfaatkan aplikasi pengatur keuangan yang bisa didapatkan dengan mudah di perangkat Android dan iPhone.

Anda bisa menjumpai aplikasi yang bisa digunakan secara gratis ataupun berbayar. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini 10 aplikasi pengatur keuangan yang bisa Anda pakai dalam mengatur keuangan sehari-hari:

1. Mint

Mint menjadi aplikasi pengatur keuangan yang begitu populer saat ini, tersedia untuk perangkat Android dan iPhone. Mint menyediakan cara pemakaian yang mudah, karena semua informasi bisa ditampilkan dalam satu layar.

Melalui aplikasi ini, Anda juga dapat mengatur biaya pengeluaran untuk tagihan bulanan ataupun kondisi kuangan secara langsung. Lebih lanjut, aplikasi ini juga menyediakan laporan berupa grafik yang memberi kemudahan analisis.

Apalagi, untuk pengaturan yang lebih ringkas, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan pengelompokan pengeluaran. Apalagi, aplikasi Mint memungkinkan Anda untuk melakukan pengelompokan pengeluaran.

Tak ketinggalan, Mint juga menyediakan sarana untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai, baik tujuan jangka pendek ataupun jangka panjang.

2. Monefy

Alternatif aplikasi manajemen keuangan selanjutnya adalah Monefy. Aplikasi ini memberi kemudahan penggunaan, tanpa harus melakukan pengelompokan pengeluaran secara manual.

Kalaupun ingin melakukan pengubahan, carana juga cukup mudah. Ditambah lagi, aplikasi ini mendukung beragam jenis mata uang. Hanya saja, untuk pilihan bahasa, Anda tak akan menjumpai bahasa Indonesia pada Monefy.

3. Finansialku

Finansialku bisa menjadi pertimbangan berikutnya. Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk memantau beragam jenis pengeluaran. Di waktu yang sama, dapat pula menentukan tujuan jangka pendek Anda.

Menariknya lagi, Finansialku dilengkapi dengan kalkulator yang bisa membantu Anda dalam melakukan penghitungan investasi, mempersiapkan anggaran, dan bahkan layanan konsultasi dengan perencana keuangan lewat internet.

Finansialku menawarkan 2 jenis paket berlangganan, yang masing-masing bisa Anda coba secara gratis selama 30 hari. Dua paket tersebut adalah paket Basic dan Full yang masing-masing dipatok dengan tarif Rp250 ribu dan Rp350 ribu per tahun.

Pada paket Full, Anda memperoleh tambahan fitur untuk melakukan perencanaan keuangan, konsultasi online, ataupun memantau investasi yang tengah dilakukan.

4. Uangku – My Money Management

Aplikasi manajemen keuangan buatan Indonesia ini menyediakan solusi pengaturan uang secara sederhana. Lewat aplikasi ini, Anda bisa mencatat pengeluaran dengan ringkas dan sederhana.

Anda juga bisa melakukan pengelompokan pengeluaran, dan menganalisis pengeluaran lewat data yang berbentuk grafik.

5. Wallet

Kemampuan melakukan pencatatan pengeluaran dan perencanaan jangka panjang yang ada di aplikasi Wallet menjadi fitur yang bisa Anda nikmati dengan gratis.

Untuk versi berbayar, Anda dapat melakukan sinkronisasi aplikasi dengan rekenening bank di Indonesia, seperti Mandiri, BCA, serta Danamon.

Tak hanya itu, aplikasi Wallet premium juga memungkinkan Anda untuk mengatur keuangan bersama dengan orang yang dipercaya, misalnya suami atau istri.

6. Clarity Money

Aplikasi ini memiliki kemampuan yang canggih dalam melakukan analisis tentang kondisi keuangan penggunanya. Tak heran kalau aplikasi ini bisa memberi pertimbangan mengenai jenis kartu kredit terbaik yang sesuai dengan kondisi keuangan.

Tak lupa, Clarity juga memiliki fitur untuk melakukan anggaran bulanan serta mencatat pengeluaran.

7. You Need a Budget (YNAB)

YNAB menawarkan layanan pengaturan keuangan yang ringkas. Aplikasi ini bisa membantu Anda untuk melakukan perencanaan, pengelompokan, serta penetapan anggaran keuangan pribadi.

Di dalamnya juga terdapat fitur yang mendorong Anda untuk bisa mengalokasikan dana untuk membayar utang. Dengan beragam fitur yang dimilikinya itu, YNAB mengklaim kalau mayoritas penggunanya bisa berhemat US$600 dalam 2 bulan pertama.

8. Jojonomic Pro

Jojonomic Pro menjadi pertimbangan aplikasi pengatur keuangan berikutnya. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Untuk versi gratis, fiturnya terbatas pada pembacaan nota secara otomatis, reimburse melalui aplikasi, serta laporang pengeluaran.

Untuk versi berbayar, Anda bisa memperoleh tambahan fitur berupa personalisasi transaksi pengeluaran, pengelompokan pengeluaran, ataupun integrasi dengan aplikasi lain.

Anda bisa memilih berlangganan untuk paket Team seharga Rp54 ribu atau Business dan Enterprise yang dibanderol dengan tarif Rp81 ribu dan Rp135 ribu.

9. iXpenselt

iXpenselt menyediakan kemampuan untuk melacak pengeluaran dan melakukan penganggaran selama sebulan. Anda juga bisa mencatat pengeluaran di mana saja dalam waktu yang ringkas.

Cukup dengan menggunakan kamera. Selain itu, Anda juga bisa mengatur pengelompokan pengeluaran sesuka hati sehingga mudah dimengerti.

10. Squirrel

Terakhir, aplikasi dari Inggris bernama Squirrel yang berfungsi layaknya rekening bank kedua. Aplikasi ini tak hanya mencatat, tapi juga berguna untuk memindahkan uang dari rekening utama ke rekening Squirrel.

Selanjutnya, Anda bisa menetapkan tujuan yang ingin dicapai, dan Squirrel akan menyesuaikan pengeluaran dengan batasan yang telah ditetapkan. Hanya saja, aplikasi ini terbatas dipakai di Inggris.

Itulah 10 pilihan aplikasi pengatur keuangan yang menyediakan solusi untuk lebih berhemat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber: